Rabu, 11 Mei 2016

KASTI SAMPAI BENDOL MERISI

KAAAAASTI

 
Kasti adalah permainan olahraga yang mirip dengan softball. Permainan ini dimainkan oleh dua regu yang menjadi regu pemukul dan regu penjaga. Regu yang bermain akan menjadi pemukul bola yang di lempar oleh lawan. Bola tenis yang dilempar dipukul dengan tongkat kayu kemudian pemukul berlari menuju pos-pos yang ditentukan. Game berlanjut apabila tidak ada anggota yang terkena bola yang dilempar regu penjaga ketika berlari menuju pos-pos.
Image result for permainan tradisional KASTI 
Permainan kasti dapat melatih ketangkasan dan kekompakan. Permainan ini cocok bagi kalangan anak-anak dalam usia pertumbuhan. Supaya dapat bermain dengan baik, maka diperlukan penguasaan teknik dasarnya. Permainan kasti memerlukan alat pemukul dan bola. Pemukul berupa tongkat yang terbuat dari kayu. Panjang tongkat pemukul kurang lebih 60 cm.

Bola kasti terbuat dari bahan karet dengan bagian dalamnya diisi sabut kelapa atau bahan sejenisnya. Apabila tidak ada bola kasti dapat menggunakan bola tenis yang sedikit dilubangi. Hal tersebut dimaksudkan agar bola sedikit kempis sehingga bila dipukul tidak melambung terlalu jauh. 


Image result for permainan tradisional KASTI 
Cara melakukan permainan kasti secara sederhana adalah berikut:

  • Anak-anak dibagi menjadi dua regu dengan jumlah masing-masing regu enam orang.
  • Diadakan undian untuk menentukan regu pemukul dan regu penjaga.
  • Regu pemukul menempati ruang bebas dan regu penjaga menyebar ke seluruh lapangan dengan menempatkan seorang pelambung serta penjaga belakang.
  • Permainan dimulai dengan pemain nomor 1 dari regu pemukul menempatkan diri di ruang pemukul dengan posisi siap melakukan pukulan bola pertama yang dilambungkan oleh pelambung.
  • Cara mematikan lawan dilakukan dengan melemparkan bola ke arah tubuh lawan yang sedang berlari. Bagian tubuh yang boleh dilempar atau dikenai bola adalah seluruh anggota badan, kecuali kepala.
  • Pemukul berhak melakukan satu kali kali pukulan, ketika di ruang bebas tidak ada orang atau kosong, pemukul terakhir berhak melakukan 3 kali pukulan.
  • Pergantian tempat terjadi jika regu pemukul terkena lemparan bola dari regu penjaga. Selain pergantian tempat, ada juga pergantian bebas. Pergantian bebas terjadi karena hal-hal berikut:
    1. Penjaga dapat menangkap bola sebanyak 3 kali berturut-turut.
    2. Pelari masuk ruang bebas melalui garis belakang.
    3. Pemain dari regu pemukul keluar dari garis lapangan.
    4. Saat memukul, tongkat pemukul terlepas dari tangan pemukul.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar